Kita tak dapat memuat Disqus. Jika kamu moderator harap lihat petunjuk troubleshooting..

NUR • 3 tahun yang lalu

Insyaallah 8 Dzulhijjah 1435 Puasa Arofah jatuh pada hari Jumat, apakh di makruhkan jika kt tdk berpuasa di hari sebelum atau sesudahny? Tks atas bantuannya

Muhammad Abduh Tuasikal • 3 tahun yang lalu

Tdk mengapa tdk diiringi pd puasa hari sebelum dan sesudahnya.

Fitrie • 2 tahun yang lalu

Assalamu'alaikum .. kalau hari ini kan puasa 10 Al-Muharram bertepatan dengan Jumu'ah.. ini harus ditambah satu hari esok.. atau bisa hari ini saja..

Iin Modiesty • 2 tahun yang lalu

Klo puasa nazar sma puasa byar hutang bleh di jadiin satu gak yaa??,,atau hrus sndiri2???

Sa'id Abu Ukkasyah • 2 tahun yang lalu

Tidak boleh dijadikan satu, harus sendiri2, karena masing2 kewajiban yng harus dilakukan secara sendiri2

rani lufita • 2 tahun yang lalu

Boleh gk puasa hari jumat untuk byar nazar ?

Muhammad Abduh Tuasikal • 2 tahun yang lalu

Boleh kalau tujuannya spt itu.

Muhammad Abduh Tuasikal • 2 tahun yang lalu

Boleh kalau tujuannya spt itu.

rani lufita • 2 tahun yang lalu

Jd tanpa harus kita puasa sebelum atau sesudah hari jumat ya ?

Muhammad Abduh Tuasikal • 2 tahun yang lalu

Kalau puasa nazar, puasa wajib, maka tdk berlaku aturan larangan puasa pd hari jumat krn ada sebab.
Barakallahu fiikum

farhan • 3 tahun yang lalu

misalnya kita puasa hari rabu. puasa daud kan 1 hari puasa 1 hari buka. katanya kalo hari jumat tuh harus ada hari sebelum dan sesudah.nah kalo misalnya rabu puasa otomatis jumat puasa . brarti kita puasa harus 5 hari berturut2 dong . rabu,kamis,jumat,sabtu,ahad. benernya gmn??
thanks atas bantuannya

Muhammad Abduh Tuasikal • 3 tahun yang lalu

Puasa daud tdk mengikuti aturan puasa jumat. Tetap aturan puasa daud adalah sehari puasa, sehari tidak, mudah sekali dipahami.

meliza • 3 tahun yang lalu

booleh tidak niat puasa daud di mulai dari hari jumat karna kebetulan baru selesai haid . di tunggu jaawaban nya . terimakasih

Muhammad Abduh Tuasikal • 3 tahun yang lalu

Boleh spt itu.

Muhammad Abduh Tuasikal • 3 tahun yang lalu

Boleh spt itu.

Muhammadsholeh Ibnrosyidi • 3 tahun yang lalu

Jadi Puasa sunnah arafahnya hari jumat atau sabtu?

Muhammad Abduh Tuasikal • 3 tahun yang lalu

Sabtu

Oyex's Agoenk • 3 tahun yang lalu

insya alloh 10 dzulhijjah 1435 (idul adha) bertepatan hari sabtu 4 sept 2014,, untuk mendapat pahala puasa arofah kan dilaksanakan hari jumat,,, saya harus bagaimana??? trims

Muhammad Abduh Tuasikal • 3 tahun yang lalu

Idul Adha ikut pemerintah hari Ahad.

anwar jaelani • 2 tahun yang lalu

Keutamanan puasa dibulan rajab itu apa aja

Sa'id Abu Ukkasyah • 2 tahun yang lalu
desy • 3 tahun yang lalu

kalo puasa hari jum'at untuk membayar waktu puasa kemaren gimana?

Muhammad Abduh Tuasikal • 3 tahun yang lalu

Boleh berpuasa qadha di hari Jumat krn ada sebab. Jd tak masalah.

Oyex's Agoenk • 3 tahun yang lalu

klo ingin berpuasa sunnah arofah, kebetulan 10 dzulhijjah 1435 bertepatan hari sabtu 04 sept 2014, sedang puasa sunnah arofah bertepatan hari jumat 03 sept 2014. bagaimana menyikapi hal ini??? trims,, wassalamualikum wa rohmatullohi wa barokatuh

Muhammad Abduh Tuasikal • 3 tahun yang lalu

Ikut ketetapan pemerintah.

xperiabro • 3 tahun yang lalu

mau tanya. misalkan kaya besok puasa nisfu di hari jum'at gimana ya??

Yulian Purnama • 3 tahun yang lalu

tidak ada tuntunan syariat untuk puasa nishfu sya'ban

Abdul Muminin • 3 tahun yang lalu

Knapa??

Yulian Purnama • 3 tahun yang lalu

karena tidak ada dalil yang shahih yang mendasarinya

Abdul Muminin • 3 tahun yang lalu

Maksud x dalil yg bagaimana larangan untuk puasa nisfu atau gimana?

Yulian Purnama • 3 tahun yang lalu

ibadah itu hukum asalnya haram, kecuali ada dalil shahih yang mendasarinya.

jadi jika anda diberi tahu suatu ibadah, maka tidak boleh anda mengamalkannya sampai anda tahu ibadah tersebut didasari dalil yang shahih.

Darul Arifin • 3 tahun yang lalu

Jadi setiap ibadah yang akan kita lakukan kita harus tau dalilnya dulu? Kalo tidak tau dalilnya ibadah itu jadi haram? Mohon penjelasannya

Yulian Purnama • 3 tahun yang lalu

Ya, benar. Harus dipastikan ada dalil shahih yang mendasarinya.

Bukankah ibadah kita untuk Allah? Maka tentu mengikuti keinginan Allah cara pelaksanaannya. Dan itu diketahui dari dalil.

Darul Arifin • 3 tahun yang lalu

Saya tidak yakin semua orang yang berangkat haji tau dalilnya bahwa ibadah haji itu wajib. Bahkan saya yakin tidak semua orang yang berangkat haji mengetahui hadits tentang rukun islam dan ibadah haji ada pada nomor urut lima. Saya pun tidak tau dalil rukun islam itu ada 5. Saya hanya tau rukun islam dari guru baik dipengajian atau sekolah. Tapi kalo untuk dalilnya saya ga tau.
Hehehehe

Yulian Purnama • 3 tahun yang lalu

Kalau tidak tahu maka mulai sekarang semangatlah belajar. Agar ibadah kita ikhlas karena Allah dan sempurna, bukan karena ikut-ikutan atau karena "katanya begini", "katanya begitu"

Darul Arifin • 3 tahun yang lalu

Ummm.. berarti orang2 yang udah melaksanakan ibadah tanpa tau dalilnya jadi ga dapet pahala dong, dan malah dapet dosa karena 'ibadah itu hukum asalnya haram, kecuali ada dalil shahih yang mendasarinya'. Kasian ya yang udah pada ngelaksanain sholat 5 waktu tanpa tau dalilnya. :(
Kutipan komen sebelumnya :
"jadi jika anda diberi tahu suatu ibadah, maka tidak boleh anda mengamalkannya sampai anda tahu ibadah tersebut didasari dalil yang shahih"